Mengenal 10 Jenis Bahan Bangunan

Bahan Bangunan

Untuk membangun sebuah rumah, tentu kita memerlukan bahan bangunan. Ada banyak jenis bahan bangunan yang digunakan. Untuk mengenalnya lebih jauh, simaklah ulasan 10 jenis bahan bangunan berikut ini.

Bahan Bangunan

1. Batu Bata

Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar hingga berwarna kemerahan. Bahan material ini dijadikan sebagai dinding rumah. Namun seiring perkembangan teknologi, penggunaan batu bata semakin berkurang. Kini, muncul gipsum dan bambu yang harganya lebih murah dari batu bata. Tidak heran, banyak orang yang sudah mulai beralih ke gipsum dan batu bata. Selain itu, dinding dari gipsum dan bambu dapat membuat dekorasi lebih unik dan indah. Namun, apabila mengutamakan dinding yang kokoh, kita tetap harus menggunakan batu bata.

2. Semen

Semen berfungsi untuk merekatkan bahan bangunan seperti batu bata dan batako. Bahan material ini memang dapat menyatukan dua bahan yang teksturnya keras. Selain itu, semen juga sering dijadikan bahan untuk membuat pondasi pada berbagai jenis bangunan. Terdapat banyak merk semen yang beredar di Indonesia. Contohnya seperti semen Tiga Roda, semen Holcim, serta semen Padang.

3. Beton

Beton merupakan bahan bangunan yang terbuat dari kombinasi semen. Bentuk paling umum pada beton ialah semen portland yang terbuat dari bahan keriki, pasir, semen, serta air. Bahan bangunan ini sering digunakan untuk membuat pengeras jalan, struktur bangunan, pondasi jalan, jembatan penyebrangan, dasar untuk pagar, serta tembok blok.

4. Pasir

Pasir merupakan bahan campuran material yang berfungsi mengikat bahan material seperti beton. Pasir dibutuhkan untuk membuat berbagai macam bahan bangunan. Mulai dari rumah, gedung bertingkat, jembatan, tangga, serta bangunan lainnya yang permanen. Terdapat beberapa jenis pasir untuk bahan bangunan. Diantaranya ialah pasir merah, pasir elod, pasir pasang, pasir beton, serta pasir sungai.

5. Tripleks

Tripleks merupakan papan buatan pabrik yang terbuat dari lapisan kayu yang direkatkan. Bahan material ini bersifat fleksibel, murah, mudah dibentuk, serta mudah didaur ulang. Tripleks juga memiliki teknik pembuatan yang lebih mudah. Terdapat bermacam-macam jenis tripleks, misalnya seperti teablock, blackboard, papan serat kayu, melaminto, multiplek (terdiri dari soft wood dan hard wood), serta partikel board.

6. Besi Beton

Besi beton merupakan bahan material yang berfungsi menahan gaya tarik pada sebuah beton. Biasanya, besi beton dijadikan kerangka dari isi beton pada sebuah pondasi bangunan. Terdapat tiga jenis besi beton, yakni besi beton dengan permukaan polos (round bar), besi beton ulir (deformed bar), serta besi beton kanal (shape). Ketiga jenis besi beton ini memiliki fungsi masing-masing pada sebuah bangunan.

7. Kawat Bendrat

Kawat bendrat merupakan bahan bangunan yang digunakan sebagai pengikat besi beton pada sebuah beton. Kawat ini terbuat dari campuran baja yang cukup kuat. Tidak heran, kawat ini mampu digunakan untuk mengikat bahan bangunan seperti beton. Kawat sendiri terdiri atas beberapa jenis seperti kawat khas harmonika dan kawat bronjong.

8. Paku

Paku merupakan bahan material untuk merekatkan bahan-bahan bangunan. Misalnya seperti kayu dan beton. Paku juga menjadi bahan bangunan yang berfungsi menggantungkan suatu benda pada dinding. Terdapat beberapa jenis paku, yakni paku kayu, paku payung, dan paku GRC. Paku kayu terdiri dari 3 cm, 4 cm, 5 cm, 7 cm, 10 cm, 12 cm, dan 21 cm. Paku payung terdiri atas 5 cm dan 7 cm. Sementara paku GRC memiliki panjang 21 cm.

9. Kayu

Kayu merupakan bahan bangunan yang berasal dari pohon. Kayu memiliki banyak kegunaan dalam sebuah bangunan. Misalnya seperti penopang bagian atap serta penopang bagian ruangan. Terdapat berbagai jenis kayu, misalnya seperti jati, merbau, bengkirai, serta kamper.

10. Pipa

Pipa merupakan bahan material untuk menghubungkan tempat saluran air dengan saluran pembuangan. Bahan material ini terbuat dari bahan-bahan stainless yang cukup berkualitas. Tidak heran, pipa mampu mengaliri air dengan baik serta tahan panas maupun dingin. Beberapa jenis pipa yang sering digunakan untuk membangun rumah ialah carbon steel, carbon moly, galvanees, ferronikel, stainless steel, PVC, serta chrom moly.

Sumber: https://jaewangi.wordpress.com/2016/03/28/10-jenis-material-bahan-bangunan-dan-pengertiannya/